Senin, 16 Maret 2009

My Mother and Her Preeclampsia


Gak pernah seserius ini buat gue nyari istilah kedokteran untuk keracunan protein buat ibu hamil. Setelah sekian lama, akhirnya gue dapetin istilahnya. PREECLAMPSIA. Lebih lanjut tentang preeclampsia, kayak gini :


Preeclampsia sering terjadi pada kehamilan pertama dan pada wanita yang memiliki sejarah preeclampsia di keluarganya. Resiko lebih tinggi terjadi pada wanita yang memiliki banyak anak, ibu hamil usia remaja, dan wanita hamil di atas usia 40 tahun. Selain itu, wanita dengan tekanan darah tinggi atau memiliki gangguan ginjal sebelum hamil juga beresiko tinggi mengalami preeclampsia . Penyebab sesungguhnya masih belum diketahui.


Ibu hamil yang mengalami preeclampsia berisiko tinggi mengalami keguguran, gagal ginjal akut, pendarahan otak, pembekuan darah intravaskular, pembengkakan paru-paru, kolaps pada system pembuluh darah, dan eclampsia , yaitu gangguan tahap lanjutan yang ditandai dengan serangan toxemia yang bisa berakibat sangat serius bagi ibu dan bayinya.


Yap!!! Nyokap gue. 43 Tahun. Punya anak 3. Pernah keguguran 2 kali. Lagi hamil anak ke-4. Dan kena preeclampsia.


Gue sayang banget ama nyokap gue. Tipe nyokap-yang-kalo-marah-kalimat-kebun-binatang-keluar-semua emang bikin gue kesel kadang-kadang. Tapi gue tau sebenernya nyokap gue sayang banget sama keluarganya. Makanya gue ribet banget pas nyari tau apa itu preeclampsia. Terus jadi dokter dadakan karena nasehatin panjang lebar -gak boleh gini, gak boleh gitu, harus gini, harus gitu-ke nyokap gue [gue anggep dia pasien.. haha].


Apalagi kalo nyokap ketauan lagi makan garem kebanyakan. Nyokap suka bilang kalo gue tukang ngadu ama tukang fitnah ke bokap tiri gue [selanjutnya bokap tiri gue = aphak]. Gimana gue kagak ngadu?? Makan melon aja pake garem. Selain ngelanggar pantangan dokter, bisa dibilang "rada-rada" untuk sebuah kelakuan yang normal.

Yah itulah nyokap gue. Yang bisa sekarang bisa gue lakuin cuman doain Nyokap biar dapet jalan yang terbaik. Soalnya gue sayang banget ama nyokap gue[salah satu status di fb gue.. haha gak penting].


2 komentar:

  1. gw sm nyokap lo cucok tuh kayaknya..
    soalnya gw kalo makan apel,salak aja pake garem!
    viva la garem!!
    yah..smoga nyokap lo gak knp2 deh ya,lo buangin aja smwa garem di dapur

    BalasHapus
  2. Yah bisa ditebak lah sama karakter elo..
    Palingan darah tinggi kan??
    Sama tukang marah??
    Hehehe

    BalasHapus